Yohanes 8:48-59 Yesus Sudah Ada Sebelum Abraham

Catatan Injil Yohanes 8:48-59 oleh Lembaga Alkitab Indonesia berjudul “Yesus sudah ada sebelum Abraham”

Ayat 48. Bukankah benar kalau kami katakan berarti sudah terbiasa mengatakan bahwa Dia adalah orang Samaria. Yesus selain dianggap sama dengan orang Samaria juga dianggap kerasukan setan (Yoh 7:20; 8:52; 10:20)

Ayat 49. Ia mengabaikan penghinaan yang menyamakan diri-Nya dengan Samaria tetapi menyangkal penghinaan yang kedua. Sebagai orang yang menghormati Bapa, Ia jauh berbeda dengan orang yang kerasukan setan. Mereka yang menghina Dia yang menyampaikan perkataan yang Dia sampaikan dari Bapa-Nya berarti juga menghina Allah Bapa.

Ayat 50. Yesus menegaskan kembali bahwa Ia tidak mencari hormat dan hormat bagi Yesus dicari oleh Bapa. Pada saat mereka berhasil membunuh Yesus di salib, Allah Bapa berhasil dalam usaha-Nya untuk menghormati Dia ang bersedia memikul dosa dunia.

Ayat 51. Yesus mengambil sikap untuk memisahkan oran percaya dengan yang tidak percaya. Orang yang percaya kepada-Nya tidak akan alami maut.

Ayat 52. Abraham mati dan nabi-nabi lain mati adalah kesempatan untuk menolak Yesus dan tidak terbuka mengetahui makna yang tersirat. Yesus berhasil mengungkap isi hati mereka.

Ayat 53. Mereka bertanya seperti di pasal 4:12.

Ayat 54. Kemuliaan yang Dia miliki penting bagi Dia, karena kemuliaan itu berasal dari Bapa. Yesus tidak memcari kemuliaan tetapi Bapa yang memuliakan Dia.

Ayat 55. Dia tidak menyangkal bahwa Ia mengenal Allah Bapa sehingga tidak mau berdusta.

Ayat 56. Ada Rabi di Israel yang berkata bahwa Allah mengilhamkan rahasia-rahasia zaman Mesias kepada Abraham. Abraham bersukacita saat menerima ilham khusus dari Allah adalah sesuatu yang mungkin benar telah terjadi di masa lampau. Hari-Ku yang dimaksud mungkin menunjuk pada pengenapan pengharapan Abraham dalam diri Yesus.

Ayat 57. Orang-orang Yahudi membulat umur Yesus dengan pembulatan ke atas menjadi lima puluh tahun dan kemudian dibandingkan dengan taksiran usia Abraham bila masih hidup. Mengunakan fakta usia untuk membantah ayat 56 sekalipun mungkin mereka mengetahui adanya rabi yang mengajar bahwa Abraham pernah mendapat wahyu untuk hari di yang terjadi di masa yang akan datang.

Ayat 58. Saat Yesus menyatakan sebelum Abraham jadi, Aku telah ada yang berarti mengakui diri-Nya sebagai “εγω ειμι”. Orang orang Yahudi tidak menerima sebab berarti mengaku bahwa Yesus adalah Yahweh

Ayat 59. Puncak perayaan Pondok Daun dengan peryataan di ayat 58 telah menghasilkan sikap perlawanan dengan sasaran membunuh Yesus. Yesus yang berkata mereka adalah pembunuh telah nyata bahwa mereka akan membunuh. Dalam Imamat 24:16 hukuman menghujat adalah hukuman mati tetapi harus melalui proses pengadilan tetapi mereka ingin membunuh tanpa melalui proses pengadilan. Berdasarkan Yoh 7:30 maka Yesus dapat menghilang lolos dari penghukuman karena waktunya belum tiba.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: