Yohanes 8:30-36 Kebenaran Yang Memerdekakan

Catatan Injil Yohanes 8:30-36 oleh Lembaga Alkitab Indonesia bertema “Kebenaran yang memerdekakan”

Ayat 30. Dalam suasana perlawanan dari orang-orang Farisi dan pemimpin-pemimpin agama Yahudi sekalipun dalam bentuk “diskusi” hal pengajaran dan pendapat Yesus, ada banyak yang percaya. Suasana tegang tidak membuat Yesus takut.

Ayat 31. Yesus berbicara kepada orang-orang Yahudi yang percaya. Yesus memberi pengarahan agar dapat bertumbuh dalam iman yang baru. Sewaktu-waktu mereka yang telah percaya akan mendengar pertanyaan dari orang orang Farisi sehingga memotong pembicara Yesus dikhalayak ramai yang di dalam ada yang percaya. Yesus menasehati agar mereka tetap dalam firman-Ku dengan jaminan mereka benar-benar murid-Ku.

Ayat 32. Bila benar- benar murid Yesus maka akan mengetahui kebenaran yang akan memerdekakan.

Ayat 33. Mereka mengerti kemerdekaan politik bukan pokok pembicaraan tetapi menbahas kemerdekaan rohani. Menurut ajaran Yahudi adalah hukum Musa dapat memerdekakan orang. Sekalipun mereka dijajah secara politik tetapi secara rohani beranggapan adalah orang yang merdeka sebab keturunan Abraham. Sebagai keturunan Abraham maka menjadi anggota keluarga Allah.

Ayat 34. Setiap manusia dapat berbuat dosa sebab manusia adalah hamba dosa. Kemerdekaan batin, kemerdekaan dari dosa dan Yesus tidak mencari kedudukan raja secara jasmani, sebelum masalah perbudakan dosa dibereskan.

Ayat 35. Keadaan kontras dikemukakan antara anak dan budak. Tetap tinggal dalam rumah memakai kata kerja dan kata depan yang sama degan “tetap dalam firman-Ku” di ayat 31.

Ayat 36. Anak itu menunjuk kepada diri-Nya Sendiri. Dialah yang dapat membebaskan setiap budak dengan suatu kemerdekaan yang sesungguhnya.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: