Yohanes 8:21-29 Yesus Bukan Dari Dunia

Catatan Injil Yohanes 8:21-29 Oleh Lembaga Alkitab Indonesia berjudul “Yesus bukan dari dunia”

Ayat 21. Setelah Yesus pergi yakni mati, bangkit dan naik ke Surga, mereka masih menharapkan Mesias datang, tetapi harapan sia-sia karena Mesias yang benar telah datang. Mereka mencari Mesias. Mereka akan mati dalam dosa mereka, yaitu dosa tidak percaya.

Ayat 22. Apakah dimaksud oleh orang-orang Yahudi bahwa Yesus hendak bunuh diri? Bukankah mereka merencanakan membunuh Yesus? Apakah mereka menduga Yesus mau menghindari usaha pembunuh mereka dengan tinggal diperantauan dan mengajar diperantauan diantara orang Yunani? Yesus datang kepada orang kepunyaan-Nya sendiri yakni Israel (Yoh 1:11) sedangkan yang akan mengajar diantara orang Yunani sampai ke tempat lain di bumi adalah pengikut-pengikut-Nya.

Ayat 23. Yesus pergi bukan ke tempat di dunia ini. Dia dari Surga sebagai Firman jadi manusia akan kembali ke Surga.

Ayat 24. Oleh karena mereka berasal dari bawah, maka mereka akan mati dalam dosa mereka. Hanya ada satu jalan ke luar dari perkara ini, mereka harus percaya kepada Yesus ssebab Yesus adalah Akulah Dia. Akulah Dia sebab Dia adalah roti hidup, Dia adalah terang dunia, Dia adalah Firman yang jadi manusia…….Dia adalah Yahweh.

Ayat 25. Mereka binggung teratpi mereka memiliki keyakinan bahwa Dia bukan Yahweh. Tuhan Yesus menjawab siapakah Dia? Dengan pernyataan konsisten sejak semula.

Ayat 26. Sebagai Pribadi yang datang untuk menyatakan Allah Bapa sesuai pasal 1:8 dan bercahaya di dalam kegelapan, Dia harusmenyatakan banyak hal kepada mereka. Yesus mengunakan ungkapan “akan tetapi” yang menegaskan bahwa Ia tidak berbicara dari diri-Nya sendiri melainkan dari Allah.

Ayat 27.  Perkataan Yesus tidak ada dalam penafsiran ahli-ahli Taurat dan Farisi yang membuat mereka kebinggungan.

Ayat 28. Mereka akan meninggikan Dia; kata meninggikan adalah menyalibkan Dia dan pada waktu bersamaan Dia yang berada di tempat tinggi menyatakan kasih yang sempurna. Mereka yang tidak percaya suatu hari akan berlutut dan mengaku Dia yang di salibkan adalah Tuhan dan mereka hanya dapap memahami jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Siapakah Engkau?” jika mereka mereka telah menyanjung Dia.

Ayat 29. Yesus menikmati penyertaan Allah Bapa dan Yesus taat kepada kehendak Bapa.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: