Yohanes 7:37-44 Air Sumber Hidup

Catatan Injil Yohanes 7:37-44 oleh Lembaga Alkitab Indonesia berjudul “ Air sumber hidup”

Ayat 37. Yesus tidak menyembunyikan diri-Nya karena Dia takut. Yesus berbicara di depan orang banyak, pada tempat dan saat yang ramai. Dia mengajak untuk memikirkan keperluan rohani bukan saja hal jasmani. Dia berkata air yang mereka curahkan merunjuk diri-Nya sendiri. Dia adalah lambang-lambang yang dirayakan.

Ayat 38. Ajakan datang kepada Yesus. Tuhan akan menuntun senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan memperbaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman aliran dengan baik dan seperti mata air yang tidak mengecewakan (Yes 58:11). Air itu mengalir dari orang yang percaya kepada Dia. Air hidup adalah air yang mendukung secara optimal adanya suatu kehidupan berlangsung secara maksimal dan berkualitas. Orang yang percaya akan memiliki aliran aliran air hidup bagi dirinya dan dirasakan sekitarnya.

Ayat 39. Yesus menubuatkan pencurahan Roh Kudus di hari Pentakosta. Pencurahan Roh Kudus dinubuatkan saat ritual hari Pondok Daun. Yesus adalah batu yang dipukul dalam Keluaran 17:6. Setelah Yesus dipukul sekali ( disalibkan), Dia memberikan Roh Kudus.

Ayat 40.Yesus yang berkata dikhalayak ramai bahwa Dia adalah pengenapan hari raya Pondok Daun. Dia adalah sumber air, Dialah sumber Roh Kudus, Dialah yang dapat memuaskan segala keperluan mereka. Mereka yang ditarik kepada-Nya dapat menerima perkataan-Nya dengan baik. Mereka mengerti bahwa Dia ini benar-benar nabi yang akan datang.

Ayat 41-42. Pendapat masyarakat terpecah mejadai dua kelompok yang menerima sebagai nabi yang akan datang dan atau Mesias dan yang menolak Mesias karena tidak teliti memeriksa dengan seksama kelahiran Yesus yang lebih didasari sikap menolak pendapat Yesus sebagai Mesias.

Ayat 43. Pertentangan antara yang menerima Yesus Mesias dan yang menolak adalah sesuatu yang sering terjadi. Yesus yang memiliki tanda ajaib dan hikmat alami penolak kebenaran Yesus adalah Mesias oleh sebagian dari pendengar-Nya yang berpuncak dengan penyaliban Yesus.

Ayat 44. Petugas yang hendak menangkap Yesus (Yoh 7:30) tidak dapat lakukan karena orang banyak dan menurut Yesus karena belum waktunya.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: