Yohanes 7:25-36 Pertentangan Tentang Asal Yesus

Catatan Injil Yohanes 7:25-36 oleh Lembaga Alkitab Indonesia berjudul “ Pertentangan tentang asal Yesus”

Ayat 25. Mereka yang berdiam di Yerusalem mengerti bahwa Yesus hendak dibunuh sedangkan penduduk luar Yerusalem mungkin tidak mengetahuinya. Pemimpin memiliki kekuasaan dan wibawa untuk mengucilkan seseorang dari persekutuan di rumah ibadah.

Ayat 26. Berdasarkan tafsiran Daniel 9:25 dan Maleakhi 3:1 muncul pemahaman bahwa Mesias akan muncul secara mendadak, sehingga usal-usulnya tidak diketahui.  Yesus sebagai manusia yang diketahui tempat asal-Nya maka ditolak sebagai Mesias yang dijanjikan. Bukankah berdasar Mikha 5:2 bahwa Mesias akan datang dari Betlehem dan jika mereka teliti menyelidiki kelahiran-Nya akan menemukan fakta yang mengejutkan karena Mesias yang dinanti telah ada di tengah mereka?

Ayat 27-28. Dalam Yohanaes 8:19 Yesus menyangkal bahwa mereka mengenal Dia sedangkan di ayat 27 ini dikatakan bahwa mereka mengenal asal Yesus, mengapa hal itu terjadi?  Dalam ayat 27 adalah mengenal mengenal Yesus sebagai orang yang dibesarkan dari Nazaret tetapi dari sisi lain tidak mengetahui bahwa Ia adalah Firman yang jadi manusia. Yesus datang karena Dia mengutus-Nya.

Ayat 29. Yang penting adalah mengenal Allah. Yesus datang dari Allah, dan yang diutus oleh Allah. Tuhan Yesus sungguh mengenal Allah.

Ayat 30. Yesus hendak ditangkap tetapi saat ditangkap belum tiba.Yesus yang datang untuk jadi tebusan kesalahan masih harus menyampaikan ajaran dan melakukan tanda lainnya.

Ayat 31. Ada orang yang percaya karena mukjizat, suatu alasan yang dianggap terbaik misal di Yoh 4:18; 20:29 tetapi lebih baik percaya karena mukjizat daripada menolak (Yoh 10:38)

Ayat 32. Orang Farisi yang mengetahui bahwa ada orang yang menjadi percaya maka Yesus ingin segera ditangkap sebelum terlalu banyak tanda mukjizat yang diperbuat-Nya.

Ayat 33. Yesus mengetahui bahwa diri-Nya akan ditangkap. Yesus menyadari bahwa akan mati tetapi kematian Yesus bukan karena keberhasilan menangkap Yesus tetapi  karena waktunya telah tiba oleh Dia yang mengutus Yesus. Kematian berarti kembali kepada Dia yang mengutus Aku.

Ayat 34. Yesuspun berbicara masalah kebangkitan-Nya bahwa kuburan ditemukan dalam keadaan kosong. Mereka mencari Dia dan tidak menemui Dia, karena Dia berada disebelah kanan Bapa.

Ayat 35. Mereka yang tidak mengerti kelahiran Yesus akan tidak mengerti pula ucapan perkataan Yesusmengenai kematian-Nya yang akan datang. Dia pergi ke Yunani melalui Jemaat Diaspora dan hal itu hanya setelah Yesus mati, bangkit dan kembali ke Bapa.

Ayat 36. Mereka merasa mengerti segala sesuatu mengenai asal-usul Yesus, tapi mereka tidak dapat memahami penjelasan-Nya mengenai kematian-Nya.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: