Yohanes 7:14-24 Kesaksian Yesus Tentang Diri-Nya

Catatan Injil Yohanes 7:14-24 oleh Lembaga Alkitab Indonesia bertema “Kesaksian Yesus tentang diri-Nya”

Ayat 14. Yesus datang ke Bait Allah pada saat yang tepat sehingga Yesus dapat masuk ke Bait Allah tanpa halangan dan keributan dan mengajar di pelataran Bait Allah.

Ayat 15. Yesus memiliki hikmat sehingga wanita Samaria di sumur Yakub bertobat, Dia juga mengajar yang mengundang kekaguman atas ajaran Yesus. Yesus tidak mengeyam pendidikan formal keagamaan memberikan pengajaran yang menbuat orang-orang Yahudi heran.

Ayat 16. Yesus memberitakan sumber teks yang diambil sebagai bahan mengajar dan sumber teks bukan dari tulisan rabi yang terkenal tetapi dari Dia yaitu Allah Bapa yang mengutus-Nya.

Ayat 17. Setiap orang yang rela tunduk pada kehendak Allah akan mengetahui berasal dari Allah atau bukan. Mereka yang bertanya apakah Dia layak mengajar sedangkan Yesus dapat bertanya apakah mereka layak belajar! Perbedaan prinsip dasar mengajar terjadi antara keharusan pendidikan formal dan Bapa berkehendak Yesus mengajar dan ajaran-Nya mengoreksi ajaran yang ada saat itu yang dianggap keliru. Pengajaran bahwa menyembah di Yerusalem tetapi Yesus ajarkan akan tiba waktunya menyembah Dia dalam roh dan kebenaran (Yoh 4:23-24)

Ayat 18. Hormat status sebagai pengajar diduga dikejar Yesus dan dipermasalahkan ataukah ada yang merasa kehormatan sebagai pengajar agama terganggu akibat Yesus muncul mengajar orang banyak? Hormat untuk diri sendiri adalah motivasi seseorang yang berkata-kata dari dirinya sendiri sedangkan Yesus bukankah Ia berkata berasal dari Bapa sehingga hormat akibat pengajaran yang disampaikan bila ajaran-Nya bermanfaat adalah untuk Allah Bapa bukan untuk diri-Nya! Hormat untuk Allah Bapa adalah motivasi seseorang yang mengajar apa yang benar.

Ayat 19. Yesus menyoroti kebanggaan mereka yang menerima hukum Taurat Musa. Taurat Musa jangan membunuh tetapi mereka hendak membunuh Yesus. Paulus mengulangi permasalah yang timbul dengan membedakan memiliki dan menuruti hukum Taurat (Rm 2:25-29).

Ayat 20. Ada orang yang hendak mau menbunuh Yesus dan Yesus tahu. Mereka dalam ayat 13 mendengar berita rencana mencelakai Yesus tetapi menolak kebenaran itu di depan Yesus dan menganggap Yesus alami kerasukan setan.

Ayat 21. Ada satu peristiwa penyembuhan di kolam Betesda yang membuat heran tetapi keheranan tidak berdasarkan sembuhnya orang yang sakit tetapi peristiwa sembuhnya orang sakit pada hari Sabat.

Ayat 22. Yesus menyoroti sunat yang dilakukan pada hari Sabat. Sunat yang dilakukan oleh nenek moyang Musa yaitu Abraham dapat dilakukan pada hari Sabat. Bila tindakan menyembuhkan dilarang, mengapa sunat tidak dilarang? Apakah karena rabi tidak dapat menyembuhkan seseorang tetapi dapat lakukan menyunat? Siapakah yang mengajar bahwa sunat dapat dilakukan hari Sabat dan siapakah yang mengajar orang tidak boleh alami penyembuhan diri hari Sabat? Dari manakah datang ajaran tersebut? Apakah dari penafsiran, ataukah dari kata teks kitab Taurat ataukah berdasarkan pendapat seorang atau sekelompok rabi? Sunat dilakukan oleh Abraham bukanlah Musa, tetapi sunat menjadi bagian dari hukum Taurat Musa dan mengunakan nama Musa untuk menyerang Yesus dalam perbedaan tafsiran peristiwa Betesda. Bukan sewaktu-waktu termasuk hari Sabat orang yang sakit di kolam Betesda dapat alami kesembuhan?

Ayat 23. Jika untuk sunat dapat dilakukan pada hari Sabat mengapa menyembuhkan tidak boleh? Bukankah sunat memperbaiki kualitas satu anggota tubuh diperbolehkan. Apakah alasan diperbolehkan? Bukankan Yesus menyembuhkan berarti memperbaiki sejumlah anggota tubuh yang jauh lebih banyak dan bermanfaat dari pada sunat tidak boleh. Mengapa?

Ayat 24. Yesus menegur agar mereka tidak menghakimi dengan sembarangan dengan prinsip keputusan yang menguntungkan. Yesus meminta hakimilah dengan adil

 

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: