Yohanes 6:60-66 Murid Murid Yang Mengundurkan Diri di Galilea

Catatan Injil Yohanes 6:60-66 oleh Lembaga Alkitab Indonesia berjudul “Murid-murid yang mengundurkan diri di Galilea”

Ayat 60. Para murid  Yesus keberatan dengan perkataan-nya yang menegur karena iring Yesus ingin tanda-tanda dan roti. Pengertian roti adalah daging-Ku dan darah adalah minuman-Ku adalah sesuatu yang sulit diterima saat diucapakan Yesus waktu ini. Sesudah peristiwa penyaliban, kematian, kebangkitan dan kenaikan ucapan Yesus sangat jelas artinya.

Ayat 61. Yesus tidak ingin iman murid-murid berguncang akibat perkataan-Nya. Ia menhendaki agar orang tidak setengah-tengah mengenai diri-Nya.

Ayat 62. Keguncangan iman adalah sesuatu yang mungkin dialami murid-murid saat Anak Manusia naik karena itu Yesus telah mengajarkan dan memberitahukan sebelum semuanya terjadi. Sebelum Yesus naik kembali ke surga, Ia akan naik di kayu salib. Apakah saat Yesus alami dipaku di kayu salib akan mengalami keguncangan iman terhadap Yesus?

Ayat 63. Rohlah yang memberi hidup. Orang Yahudi membuat tafsiran dengan perintah apa harus dikerjakan oleh tubuh agar ke pangkuan Abraham. Ajaran orang Yahudi berpusat pada tubuh/ daging sehingga sukar menangkap maksud Yesus.

Ayat 64. Walaupun perkataan-perkataan Yesus dapat membawa hidup, di situ ada juga orang yang tidak percaya. Perkataan-perkataan Yesus tidak membawa hidup jika tidak mempercayai. Yesus sekalpun mengetahui ada yang tidak percaya, Ia tetap mengajar dalam kebenaran walaupun berakibat pada pengkhianatan dan salib.

Ayat 65. Yesus mengetahui bahwa orang yang ditarik oleh Bapa yang dapat datang kepada Yesus.

Ayat 66. Pengikut Yesus yang berharap Yesus jadi raja alami kekecewaan. Teguran keras mengakibatkan undur mengiring Yesus.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: