Yohanes 6:1-15 Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang

Catatan Injil Yohanes 6:1-15 oleh Lembaga Alkitab Indonesia bertema “ Yesus memberi makan lima ribu orang”

Ayat 1. Dalam Injil Sinoptik cerita ditulis sesudah kedua belas murid diutus. Peristiwa dilakukan dikaitkan dengan pembunuhan Yohanes Pembaptis.

Ayat 2. Motivasi mengikuti Yesus karena melihat tanda dan igin menyaksikan tanda-tanda. Menyembuhkan orang sakit adalah suatu tontonan yang menghibur dan menarik perhatian. Dengan banyaknya tanda yang dilakukan Yesus maka tertarik untuk menjadikan Yesus raja agar membuat kehidupan menjadi menyenangkan sebab jika sakit jadi sembuh.

Ayat 3. Yesus naik ke atas gunung. Tempat sunyi dipilih untuk menyeleksi siapa yang mau serius “melihat tanda” dengan yang tidak peduli dengan tanda. Motivasi mengikuti Yesus sekalipun hanya sekedar tanda mengalami seleksi.

Ayat 4. Peristiwa terjadi menjelang hari Paskah. Mengapa hari raya Paskah ditulis? Apakah ada hubungan dengan roti yang hadir setiap Paskah?

Ayat 5. Menurut Markus 6:33-35 mereka datang ke tempat itu dengan jalan darat, dan diajar oleh Yesus sampai hari sudah mulai malam. Filipus ditanyai mungkin karena berasal dari Betsaida (Yoh1:44)

Ayat 6. Yesus ingin menguji iman Filipus setelah mengiring dan mendapat pelajaran dari Yesus.

Ayat 7. Iman Filipus diuji dan dia gagal! Filipus tidak punya harapan karena memandang secara jasmani saja.

Ayat 8-9. Andreas yang pernah mengantar Simon Petrus kepada Yesus, dia kembali mengantar anak kecil yang mempunyai potongan kecil makanan. Mengapa Andreas mengantar anak kecil yang memiliki sedikit makanan kepada Yesus? Apakah ia ingat kejadian bahwa Elisa telah memberikan dua puluh roti jelai untuk seratus orang dan masih sisa? (2Raj 4:42-44) Jika Andreas ingat kisah Elisa, apakah mempunyai keyakinan bahwa Yesus mampu lakukan yang dilakukan Elisa dan bahkan lebih mengherankan? Apakah tindakan Andreas adalah tindakan spontanitas untuk menunjukkan bahwa ada roti di kalangan pengikut Yesus? Apakah tindakannya atas permohonan anak kecil untuk memberikan kepada Yesus makanan yang dimilikinya?

Ayat 10. Sekalipun persediaan minim, Yesus menyambut makanan dan mengatur persiapan untuk makan dengan teratur. Yang dihitung adalah laki-laki saja. Mengapa yang dihitung laki-laki saja? Apakah wanita dan anak-anak diabaikan? Ataukah yang datang di dominasi oleh sekelompok laki-laki yang ingin melihat tanda untuk menjadi Yesus sebagai raja dan melepaskan diri dari Roma? (ayat 15)

Ayat 11. Ucapan syukur yang lazim diucapakan orang yahudi sebelum makan: “Terpujilah Engkau, O Tuhan Allah kami, Raja semesta alam, yang mengeluarkan roti dari bumi.” Yesus menyatakan melalui mukjizat tersebut bahwa: “Ia sendiri telah melakukan mengeluarkan roti dair bumi.”  Yesus membuat mukjizat bukan karena ingin jadi raja sebab Ia adalah Raja semesta alam yang sesungguhnya yang telah datang jadi manusia. Dia memberi makan karena mempunyai belas kasih terhadap orang banyak yang lapar. Yesus melakukan mukjizat agar mereka percaya kepada-Nya sang Mesias yang dijanjikan Allah.

Ayat 12. Mengumpulkan sisa roti adalah kebiasaan orang Yahudi. Makanan adalah sesuatu pemberian dari Tuhan Allah yang dihargai.

Ayat 13. Jumlah sisa roti adalah dua belas bakul sehingga setiap murid membawa satu bakul untuk dikonsumsi diwaktu lain atau dibagikan bagi mereka yang membutuh roti.

Ayat 14-15. Mukjizat yang dibuat Yesus mencelikkan pemikiran bahwa Yesus adalah nabi yang dinubuatkan dalam Ulangan 18:15-19 namun terjebak dalam penafsiran keliru bahwa Mesias adalah seorang raja yang akan membebaskan Israel dari penjajahan bangsa asing. Yesus tidak membebaskan dari penjajahan bangsa asing tetapi membebaskan dari hukuman dosa. Yesus membebaskan dosa bukan orang Israel saja tetapi orang Roma yang menjajah Israel. Yesus menolak menjadi raja Israel yang membebaskan Israel dari Roma dan Ia menyingkir ke gunung, seorang diri.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: