Yohanes 4:46-54

Catatan Injil Yohanes 4:46-54 oleh Lembaga Alkitab Indonesia berjudul “ Yesus menyembuhkan anak pegawai istana”

Ayat 46.  Yesus kembali ke Kana. Saat di Kana terjadi seorang pegawai raja, di Kapernaum, anaknya sedang sakit. Dalam sejarah diperkirakan yang memerintah pada waktu itu sebagai tetrarch Galilea adalah raja Herodes Antipas. Herodes Antipas memerintah dari 4 SM sampai 39 M.

Ayat 47. Iman yang dimiliki pegawai raja wilayah Galilea adalah iman yang berakar dalam keputusasaan, bukan iman yang mengetahui siapa Yesus. Ia mendengar Yesus lakukan mujizat, maka ia minta tolong kepada Yesus. Yesus memperhatikan iman yang datang minta tolong dan setelah ditolong, barulah percaya.

Ayat 48. Kata kamu dipakai dalam bentuk jamak, sehingga yang ditegur bukanlah yang  putus asa karena anaknya sakit tetapi orang-orang Yahudi di Galilea. Di Samaria orang percaya kepada perkataan sedang di Galilea, iman lahir dari tanda atau mujizat.

Ayat 49. Bapak itu hanya memikirkan anaknya yang kecil sekarat karena sakit, dan mohon Yesus datang menyembuhkan.

Ayat 50. Pergilah, anakmu hidup! Perkataan Yesus mengejutkan dan diluar dugaan. Dia mentaati perkataan Yesus. Ia pulang hendak melihat anaknya. Yesus sedang mendidik orang Galilea dan juga pegawai raja untuk percaya sebelum melihat bukti. Bukti iman akan kemudian mengikuti langkah dan tindakan iman. Ia percaya dan bertindak sesuai perkataan Yesus.

Ayat 51. Kata hidup diulangi saat di tengah jalan. Ucapan Yesus anak idup menbuat hidup keadaan anaknya.

Ayat 52. Mengapa bapak anak itu bertanya pukul berapa anaknya sembuh? Apakah sedang mengumuli masalah iman pada Yesus Kristus?

Ayat 53. Tanda yang terjadi menuntun bukan saja Bapak percaya tetapi seluruh keluarga percaya. Di Samaria iman timbul lewat kesaksian sedang dalam peristiwa ini perlu mujizat. Pertama dan kedua mujizat terjadi ketika Yesus ada di Kana.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: