Yohanes 3:22-36

Catatan Injil Yohanes 3:22-36 oleh Lembaga Alkitab Indonesia berjudul “Kesaksian Yohanes tentang Yesus”

Ayat 22. Tanah Yudea adalah propinsi Yudea dan di luar kota Yerusalem. Setelah bercakap-cakap dengan Nikodemus, Yesus ke luar dari Yerusalem bersama-sama murid-murid-Nya dan membaptis. Pembaptisan dilakukan oleh murid-murid Yesus (Yoh 4:2) Yesus menerima pelayanan Yohanes pembaptis dan murid murid Yesus mengenal Yohanes Pembaptis dan Yesus diperkenalkan oleh Yohanes Pembaptis.

Ayat 23-24. Yohanes Pembaptis masih melakukan tugas pembaptisan dan orang yang dibaptis Yohanes Pembaptis banyak jumlahnya dan Yohanes masih dalam pelayanan dan belum masuk ke penjara.

Ayat 25. Adanya timbul perselisihan. Yohanes membaptis sebagai tanda perobatan sedang orang Yahudi barangkali berpikir bahwa air membawa penyucian sesuai dengan adat istiadat Israel.

Ayat 26. Siapakah mereka itu? Apakah mereka itu murid-murid Yohanes? Apakah mereka itu orang yang berselisih paham dengan Yohanes Pembaptis? Mereka membawa berita bahwa Yesus melalui murid-murid-Nya membaptis. Apakah Yesus sedang naik daun menjadi populer? Apakah nama Yesus makin dikenal dan menganggu kebanggaan murid-murid Yohanes Pembaptis terhadap gurunya?

Ayat 27-28.Yohanes Pembaptis tidak bersaing dengan seseorang dalam popularitas. Yohanes berkeyakinana bahwa Allah memanggil dengan tugas khusus, bukan pada keberhasilan duniawi. Yohanes mengigatkan bahwa dirinya bukan Mesias, tetapi diutus untuk mendahului-Nya. Yohanes Pembaptis konsisten dengan tugas sebagai yang diutus untuk mendahului-Nya tetapi tidak melakukan sesuatu bersifat peran dan fungsi Mesias.

Ayat 29.  Yohanes pembaptis bersukacita mendengar murid-murid Yesus membaptis. Melalui perumpamaan singkat, Yohanes Pembaptis ambil kisah sahabat mempelai laki-laki diminta mengatur pernikahan untuk mengambarkan usaha teman mempelai agar mempelai bersukacita dan jika mempelai laki-laki sukacita maka teman mempelaipun bersukacita. Sesudah Yohanes  Pembaptis mengunakan kata mempelai laki-laki untuk Yesus maka Paulus dan penulis Wahyu mengambarkan Kristus Yesus sebagai mempelai laki-laki. Kisah seperti ini terjadi dalam upacara pernikahan di Yudea.

Ayat 30. Yohanes Pembaptis yang dipanggil dalam pelayanan yang unik yaitu mendahului Mesias di Israel maka ketika Yesus mulai muncul melayani maka Yohanes Pembaptis bersikap Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil. Sekalipun Yohanes Pembaptis lakukan pelayanan unik tetapi semua pelayanan adalah sama yaitu mempermuliakan Tuhan Yesus sehingga “Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil” berlaku bagi setiap pelayan Tuhan Yesus.

Ayat 31. Mengapa harus makin kecil dan Yesus makin besar? Yesus datang dari atas. Dia datang dari surga, Dia berada di atas semuanya. Dia harus semakin besar karena Dia adalah di atas semua.

Ayat 32. Yesus bersaksi mengenai apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, sehingga kesaksian-Nya tidak diperuntukkan untuk didiskusikan tepi untuk diterima atau ditolak.

Ayat 33. Setiap orang yang menerima kesaksian Yesus akan mengaku Allah benar. Allah mengutus Yesus adalah benar dan pengajaran yang disampaikan Yesus benar dan Yesus melakukan kehendak Allah dengan benar dan sempurna tanpa cacat.

Ayat 34. Yesus diutus Allah maka Allah mengaruniakan Roh-Nya yang tek terbatas s. Ayat 34 menerangkan juga bila seseorang diutus Allah maka Allah mengaruniakan Roh-Nya yang tidak terbatas.

Ayat 35. Bukan saja Roh-Nya, Yesus mendapat segala sesuatu dari Bapa sebab Bapa menyerahkan segala sesuatu. Yesus yang menerima segala sesuatu meneguhkan bahwa Yesus adalah Raja segala raja & hakim yang menghakimi segala manusia.

Ayat 36. Tidak taat tidak melihat hidup. Apakah yang dimaksud tidak taat disini? Yesus mengajak Nikodemus untuk percaya dan Nikodemus dipanggil untuk percaya kepada Anak, bila ditolak maka yang tinggal adalah murka Allah. (Bandingkan dengan Yoh 3:18)

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: