Yohanes 21:1-14 Yesus Menampakan Diri Kepada Murid-Murid-NYA di Pantai Danau Tiberias

Catatan Injil Yohanes 21:1-14 oleh Lembaga Alkitab Indonesia berjudul “Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias”

Ayat 1. Yesus menampakan diri kepada murid murid di danau Tiberias. Sekalipun murid-murid mengetahui Yesus bangkit dan menerima damai sejahtera dari Yesus, murid-murid kembali kepada aktivitas sebelum menjadi murid Yesus yaitu sebagai nelayan. Yesus menhampiri mereka yang sedang bekerja menangkap ikan.

Ayat 2-3. Petrus yang sering bertindak sebagai pemimpin  kembali memimpin murid-murid Yesus yang berasal dari profesi nelayan. Mereka diantaranya adalah Tomas disebut Didimus, Natanael dari Kana yang di Galilea, anak-anak Zebedeus dan dua murid-Nya yang lain. Petrus yang mengerakkan kembali ke profesi semula sebagai nelayan selama semalam itu tidak menangkap apa-apa. Petrus mungkin tidak bermaksud untuk meninggalkan panggilannya sebagai “penjala manusia”, dan kembali hidup menjala ikan, tetapi dengan pergi sepanjang malam tanpa Tuhan Yesus dan berusaha menangkap ikan, Petrus tidak mendapat apa-apa sehingga mengigatkan bahwa “di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa”(Yoh 15:5) Sekalipun Petrus menangkap diwaktu malam disaat ikan lebih mudah ditangkap dan dapat dijual segar di pasar ikan pagi hari tetapi tidak ada Yesus tampak di situ.

Ayat 4. Hari mulai siang, Yesus berdiri di pantai. Dalam ayat 8 diperkirakan jarak antara Yesus dan perahu mereka yang sedang menangkap ikan sekitar 90 meter. Murid-murid tidak melihat dan menyadari kehadiran Yesus. Apakah mereka seperti Maria yang tidak menyadari Yesus? (Yoh 20:14)

Ayat 5. Yesus bertanya kepada mereka yang sedang kurang gairah menangkap ikan karena semalaman tidak dapat apa-apa bertanya dengan tata bahasa yang menyatakan jawaban “tidak”

Ayat 6. Yesus berkata “tebarkan jalamu disebelah kanan perahum, maka akan kamu peroleh.” Mereka kemudian menebarkan jala ke kanan perahu dan menangkap ikan. Mengapa mereka menebarkan jala ke kanan mentaati yang berkata dari tepi pantai? Apakah sudah pasrah dan coba saja tebar ke kanan? Apakah karena ucapan disampaikan dengan penuh keyakinan hingga mereka yang di perahu timbul harapan dan mencobanya?

Ayat 7. Murid yang dikasihi Yesus yang diduga adalah Yohanes terkejut dengan ikan yang ditangkap dan segera menyadari bahwa di tepi pantai adalah Tuhan Yesus maka Petrus mengenakan pakaian luarnya dan terjun ke danau menghampiri Yesus.

Ayat 8. Murid-murid yang lain tidak ikut teladan Petrus tetapimengambil keputusan menarik jala yang penuh ikan ke pantai dan jarak perahu ke pantai hanya 200 hasta saja. Bagaimana ikan berkumpul dalam jumlah besar dekat bibir pantai di hari mulai siang?

Ayat 9-10. Sudah tiba di darat Yesus memiliki roti dan ikan. Dia mempunyai dan Dia memberi kepada murid tetapi Yesus mengajak mereka membawa beberapa ikan lagi. Dia menghargai mereka sebagai orang yang berhasil menangkap ikan sekalipun itu adalah mujizat yang Yesus lakukan. Dia juga memberikan kesempatan berperan serta dalam persiapan sarapan.

Ayat 11. Simon Petrus naik keperahu menghela jala dan tentu saja ikan itu harus dibagi antara mereka yang melaut menangkap ikan. Tangkapan sekali tebar adalah seratus lima puluh tiga ekor ikan dan ikan yang tertangkap di jala tidak dapat meloloskan diri. Ikan dapat dijala

Ayat 12-14. Yesus berkata “mari sarapan” dan Yesus mengambil roti memberikan kepada mereka dan juga ikan. Yesus menampakan diri yang ketiga pada murid-murid.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: