Yohanes 2:1-11

Catatan Injil Yohanes 2:1-11 oleh Lembaga Alkitab Indonesia bertemakan “ Perkawinan di Kana”

Ayat 1.  Dalam budaya Israel saat itu, teman teman mempelai laki-laki mengantar mempelai perempuan ke rumah mempelai laki-laki, dan disana pesta perkawinan diadakan. Acara dapat berlangsung tujuh hari dan biaya pesta ditanggung mempelai laki-laki.

Ayat 2. Yesus dan murid-murid ada disana dan diundang. Apakah karena ibu Yesus terlibat dalam perkawinan itu? Ataukah karena Natanael dari Kana dan dia terpesona dengan perkataan Yesus? Murid-murid Yesus adalah ada dalam pasal satu. Murid-Nya belum sampai dua belas orang.

Ayat 3. Anggur melambangkan dan membangkitkan sukacita di Israel Am 9:13; Hos 14:7 . Anggur dalam pesta bukanlah jus anggur melainkan yang mengandung alkohol namun diencerkan antara 1:3 sampai 1:10 hingga kandung alkohol maksimal 2% atau kurang. Anggur yang tidak diencerkan dianggap minuman keras dan tidak diminum oleh orang baik-baik. Kehabisan anggur menimbulkan rasa malu bahkan dianggap perbuatan yang tidak menyenangkan sehingga dapat dituntut di pengadilan. Apakah keluarga mempelai laki-laki miskin sehingga anggur yang disediakan pas-pasan? Ibu Yesus megetahui permasalahan konsumsi minuman anggur. Ibu Yesus mengatakan hal itu kepada Yesus.

Ayat 4. Dengan memperhatikan sopan santun Yesus menegurMaria, ibu-Nya. Pola hubungan kekeluargaan tidak mempengaruhi pola pelayanan-Nya. Apakah saatnya belum tiba? Apakah saat pesta perkawinan Anak Damba, anggur akan berkelimpahan? (Yer 31:12; Hos 14:7; Amos 9:13-14) Apakah karena belum selesai memanggil murid-murid lainnya? Apakah karena Ia akan melakukan mujizat atas perintah Bapa, dan Bapa belum ingin menyatakan perbuatan mujizat-Nya pada saat itu? Apakah karena Yesus belum bertindak sebagai mempelai laki-laki seperti di Yoh 3:27-30? Apakah karena Yesus berpendapat pada saat itu adalah masa pelayanan Yohanaes Pembaptis dan Yohanaes Pembaptis belum dipenjarakan? (Yoh 3:24)

Ayat 5. Dalam pasal 3 ibu Yesus datang sebagai sosok seorang ibu sedangkan dalam ayat 5 bersikap sebagai orang percaya dan permohonan diterima. Ibu Yesus tetap sabar dalam permohonan agar Yesus membantu urusan konsumsi anggur. Maria berpesan agar apa yang dkatakan, lakukan!

Ayat 6. Berdasarkan adat maka tuan rumah pesta menyediakan pembasuhan yang disediakan ada enam. Diperkirakan satu tempayan berisi 66 sampai 99 liter sehingga jumlah total air yang dalam tempayan sekitar 400 sampai 600 liter air.

Ayat 7-8. Yesus mengunakan tempayan tempayan pembasuhan diisi air sampai penuh lalu dicedok air dari tempayan dan dibawa kepemimpin pesta. Tindakan pelayan pelayan yang menurut perintah Yesus suatu tindakan yang dapat menbakar emosi pemimpin pesta dengan menberikan air dari tempayan pembasuhan, tetapi pelayan-pelayan taat.

Ayat 9. Saat air dicicipi pemimpin pesta telah menjadi anggur yang berkualitas. Yesus mau melakukan mujizat walaupun yang mengerti hanyalah beberapa bawahan/ pelayan-pelayan. Tuhan Yesus memberikan hadiah pernikahan dengan mengubah air enam tempayan dengan 6 tempayan air anggur adalah hadiah yang mahal.Sekalipun tidak diketahui oleh pelaku pesta pernikahan, Ia hadir memberikan hadiah yang sangat berarti.

Ayat 10. Kebiasaan menyediakan anggur yang baik terlebih dahulu telah menjadi tradisi sehingga pemimpin pesta tidak mengerti dengan mempelai laki-laki, sedangkan murid-murid mengerti dan pelayan-pelayan mengetahui. Murid-murid percaya kepada Yesus sedang pemimpin pesta kebinggungan. Yesus menghidangkan sesuatu yang jauh lebih baik daripada apa yang ditawarkan orang Yahudi.

Ayat 11. Perbuatan ajaib yang mengubah air menjadi anggur adalah suatu kemuliaan bagi murid-murid dan yang percaya sedang bagi orang lain adalah suatu tanda.  Orang Yahudi berpendapat bahwa hanya Tuhan yang dapat melakukan hal airmenjadi anggur tetapi mengapa Yesus orang Nazaret mampu lakukan? Tanda dilakukan yang bukan murid sedang bagi murid-murid itu adalah kemuliaan Yesus

Categories: Injil Yohanes | Tags: , | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Yohanes 2:1-11

  1. Ping-balik: Anggur Dalam Tradisi Israel Kuno | Weruah's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: