Yohanes 20:19-23 Yesus Menampakan Diri Kepada Murid-Murid

Catatan Injil Yohanes 20:19-23 oleh Lembaga Alkitab Indonesia berjudul “Yesus menampakan diri kepada murid-murid-Nya

Ayat 19. Yesus yang bangkit telah mengenakan tubuh yang baru dan sangat istimewa sehingga dapat datang menjumpai murid-murid. Yesus mengucapkan damai sejahtera bagi murid murid yang berada dalam ketakutan karena Yesus disalibkan oleh Pilatus dengan dakwaan “Raja Yahudi” dan pemimpin agama Yahudi karena “Mengujat Allah sebab menyamakan diri dengan Allah yang dikaitkan dengan pernyataan Yesus Anak Allah”

Ayat 20. Yesus yang bangkit menunjukkan tangan dan lambung-Nya dan bersukacitalah murid-murid.Pada waktu Maria melihat Yesus, Maria memegang kaki-Nya. Pada waktu murid murid Yesus maka tangan dan lambung-Nya ditunjukkan kepada mereka. Yesus yang datang sungguh adalah Yesus yang dikenal murid-murid dan telah disalib, mati dan bangkit.

Ayat 21. Setelah murid-murid melihat tangan-Nya dan lambung-Nya mereka mampu menerima berkat damai sejahtera dan Yesus mengucapkan damai sejahtera kembali kepada murid-murid. Setelah menerima damai sejahtera maka Yesus berkata, “sama seperti Bapa mengutus Aku, demikianlah sekarang Aku mengutus kamu.”

Bapa mengutus Yesus maka Yesus bergantung pada Bapa dan mentaati Bapa secara total (Yoh 5:19-20,30; 6:27; 8:29; 17:4) Tujuan utama pengutusan Yesus “supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup hidup yang kekal” dan para murid diutus meneruskan pemberitaan dari tujuan utama pengutusan Yesus dan bahwa Yesus telah melakukan tugas sebagai utusan Bapa dengan  sempurna.

Ayat 22. Yesus melengkapi murid murid yang diutus dengan memberikan Roh Kudus dan murid murid terima Roh Kudus.

Ayat 23. Sekelah menerima Roh Kudus maka murid murid menerima otoritas untuk mengampuni dosa. Yesus memiliki otoritas mengampuni dosa (Yoh 9:39-41). Melalui Roh Allah yang diam dalam kehidupan orang dan orang itu taat maka barulah otoritas menjadi kenyataan.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: