Yohanes 20:11-18 Yesus Menampakan diri Kepada Maria Magdalena

Catatan Injil Yohanes 20:11-18 oleh Lembaga Alkitab Indonesia berjudul “Yesus menampakan diri kepada Maria Magdalena”

Ayat 11. Setelah memberitakan bahwa kubur kosong kepada murid-murid. Maria kembali ke kubur dan menangis. Tidak diketahui apakah Maria bertemu dengan Petrus dan dia murid lainnya yang diduga Yohanes. Bila berjumpa apakah Yohanes menceritakan keyakinannya bahwa Yesus bangkit. Mengapa Maria kembali ke kubur? Apakah hendak mengetahui siapakah yang diduga mengambil mayat Yesus? Bukankah upaya menyelidiki siapakah yang menambil mayat Yesus beresiko? Bila berjumpa dengan simpatisan pimpinan agama Yahudi yang menyalibkan Yesus justru dapat dianggap Marialah yang mencuri mayat Yesus? Bila berjumpa dengan orang-orang Pilatus dapat menimbulkan permasalahan baru? Bila berjumpa rekan rekan penjahat yang ikut disalibkan bukankah dapat beresiko ditimpa kejahatan? Yesus yang dikuburkan ditempat istimewa dibanding penjahat lainnya bukankah dapat menimbulkan kecemburuan?

Maria menangis bukan saja Yesus yang dikasihi mati tetapi juga mayatnya diambil orang dan kuburan yang layak menjadi tidak layak. Penguburan layak sangat penting dalam kebudayaan timur tengah.

Ayat 12-13. Malaikat datang ke kubur untuk dapat menolong Maria yang menangis sebab saat pertama datang tidak ada malaikat yang menampakkan diri dan kedatangan ke-2 ke kubur sambil menangis malaikat berkata, “Ibu, mengapa engkau menangis?” dan Maria terus terang dan jujur menjawab sesuai dengan dugaan tetapi telah diyakini secara bulat bahwa “mayat Yesus telah dicuri”

Ayat 14. Maria menoleh ke belakang. Mengapa menoleh kebelakang? Apakah Malaikat menunjuk ke belakang? Apakah Malaikat menarik secara lembut hingga Maria menoleh ke belakang? Yesus ada dibelakang Maria dan menampakkan diri-Nya tetapi Maria yang larut dalam kesedihan tidak menyadari Yesus bangkit dan berdiri di depan Maria.

Ayat 15. Yesus mengulangi pertanyaan malaikat dan menambah pertanyaan kepada Maria. Yesus bertanya, “Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?” dan Maria menyangka orang itu tukang kebun yang memindahkan mayat Yesus dengan pemikiran mungkin karena mayat baru masuk dan belum diberitahukan bahwa pemilik kuburan sendiri yang memasukan Yesus ke kubur itu.

Ayat 16. Maria tidak mengenal suara-Nya, tetapi pada saat namanya sendiri dipakai, Maria megerti bahwa “tukang kebun” adalah Tuhan Yesus. Dalam Yoh 10:3-4 dinyatakan bahwa Gembala yang Baik memanggil domba-Nya dengan nama mereka sendiri, mereka mengenal suara-Nya.

Ayat 17-18. Maria memegang tetapi Yesus berkata jangan memegang tetapi pergilah ke saudara-saudara-Ku bahwa Aku pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu. Yesus harus pergi kepada Bapa mengenapi janji-janjiNya dipasal 14-16. Yesus mengunakan BapaKu dan Bapamu setelah Yesus bangkit. Melalui salib Yesus menebus dan menjadikan yang percaya benar benar jadi anak angkat Allah (Yoh1:12) Maria melakukan yang dipesankan Tuhan Yesus dan berkata kepada murid-murid, “Aku telah melihat Tuhan!”

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: