Yohanes 19:38-42 Yesus Dikuburkan

Catatan Injil Yohanes 19:38-42 oleh Lembaga Alkitab Indonesia berjudul “Yesus dikuburkan”

Ayat 38 dikisahkan Yusuf dari Arimatea memohon untuk menurunkan mayat Yesus dan dikabulkan oleh Pilatus. Mengapa dikabulkan permohonan penurunan mayat Yesus? Bukankah dalam di salib ada tulisan “Inilah orang Yahudi”?  Bukankah mereka yang dihukum mati karena pemberontakan atau penghasutan maka mayat dibiarkan di salib dan habis dimakan burung pemakan bangkai? Apakah penurunan mayat Yesus tidak masuk dokumen resmi Yudea? Yesus yang disalib dengan dakwaan “Ia raja orang Yahudi” tetapi diijinkan dikuburkan sehingga status mayat Yesus dipersamakan dengan penjahat sekalipun ada perbedaan menyolok yaitu tidak dikubur di kuburan umum yang diperuntukkan untuk penjahat tetapi milik kepunyaan Yusuf Arimatea. Apakah motivasi Pilatus meluluskan permintaan Yusuf dari Arimatea? Apakah karena Yusuf adalah seorang anggota majelis agama Yahudi? Apakah karena Yusuf adalah orang kaya? Mengapa Yusuf mau menurunkan mayat Yesus? Apakah ia murid Yesus yang sembunyi-sembunyi tetapi setelah Yesus mati menyatakan jati dirinya murid Yesus? Apakah tindakan sebagai pernyataan tidak setujunya atas proses penyaliban Yesus? Apakah karena Pilatus berkeyakinan bahwa Yesus bukan pemberontak tetapi karena opini publik yang dibentuk pemimpin agama Yahudi dikenakan hukuman mati? Ataukah karena ingin menyatakan bahwa pemimpin Yahudi tidak dapat bertindak benar terhadap Yesus? Apapun alasannya, peristiwa penurun mayat Yesus di salib menunjukkan bahwa Yesus tidaklah dianggap berbahaya bagi pemerintah Roma dan dikubur di kuburan orang terhormat (perhatikan ayat 41).

Ayat 39-40 dikisahkan Nikodemus mengurus rempah rempah yang dipakai untuk persiapan mayat yang akan dikubur. Nikodemus membawa campuran mur sebanyak lima puluh kati. Diperkirakan berat rempah rempah sekitar 30 kilogram dengan asumsi menurut ukuran Roma 100 λιτρα dan 1 λιτρα sama dengan 327 gram. Wajarkah Nikodemus membawa 100 λιτρα rempah rempah? Apakah tindakan Nikodemus sama dengan tindakan Maria di pasal 12:3?  Apakah karena Nikodemus kaya maka Ia membeli banyak rempah rempah banyak  ataukah karena bentuk tubuh Yesus yang hancur akibat cambukan verberatio yang hebat? (bandingkan dengan gambaran Yes 53:3) Adakah dasar logika Yesus diberi rempah rempah mur sebanyak itu? Bila diperhatikan ayat 40 maka dicatat kain lenan digunakan kata οθονιοις sedang injil sinoptik gunakan σινδων sehingga diambil kesimpulan bahwa mayat Yesus dibungkus dalam lebar kain lenan yang besar. Dari penjelasan kain lenan yang dipakai maka sangatlah mungkin Nikodemus membawa rempah rempah yang banyak untuk mayat Yesus.

Yusuf dan Nikodemus adalah orang yang lambat percaya kepada Yesus sehingga kehilangan kesempatan bersekutu muka dangan muka, namun akhirnya berkesempatan melayani Yesus walaupun Yesus sudah meninggal dan murid-murid yang mengikuti Yesus entah dimana.

Ayat 42 dikisahkan karena memelihara hari Sabat maka kubur yang terdekat adalah penting mengigat tidak boleh mengangkat mayat Yesus.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: