Yohanes 16:4b-15 Pekerjaan Penghibur

Catatan Yohanes 16:4b-15, oleh Lembaga Alkitab Indonesia bertema “Pekerjaan Penghibur”

http://www.box.net/embed/pjygm531985r0y9.swf

Ayat 4b. Selama Yesus bersama-sama dengan murid-murid, sasaran musuh adalah Yesus. Perlindungan terhadap murid-murid berakhir pada saat Dia dikhianati dalam Yoh 18:8-9.

Ayat 5-6. Petrus dalam 13:36 bertanya kemana Engkau pergi? Sekarang diam dan tidak ada yang bertanya dan bicara. Dalam rasa kehilangan dan dukacita murid murid hanya memikirkan diri mereka sendiri, tidak memikirkan Dia, kesusahan-Nya dan tujuan-Nya.

Ayat 7. Yesus pergi maka sasaran musuh adalah murid-murid. Yesus akan mengutus Roh Penghibur supaya dapat berdiri teguh dalam penganiayaan. Jika Tuhan Yesus berkata adalah lebih berguna bagi mereka, maka sebaiknya kita mengaku bahwa keadaan ini juga lebih berguna bagi kita dari pada berjalan bersama Tuhan Yesus di Yerusalem pada tahun itu.

Ayat 8. Roh Allah akan datang ke dunia dan meneruskan pelayanan Tuhan Yesus dan memperhadapkan orang memilih melawan Dia atau memihak Dia. Roh Allah menunjukan dosa seseorang kepada orang itu supaya bertobat. Dia menginsafkan dunia bahwa dunia bersalah dalam tiga hal : mereka salah dari segi dosa mereka, mereka bersalah dari segi kebenaran mereka, dan mereka salah dari segi penghakiman mereka.

Ayat 9. Roh Allah menginsafkan dunia mengenai dosa mereka, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Nya. Seandainya percaya kepada-Nya maka mereka akan mendapat pengampunan. Bila mereka belum percaya dan perlu diinsafkan akan dosa.

Ayat 10. Roh Allah menginsafkan dunia akan kebenaran yang mereka punya, yaitu kebenaran yang palsu. Roh Allah melakukan pelayanan karena Tuhan Yesus pergi kepada Bapa dan mereka tidak melihat Dia lagi sehingga murid murid tidak dapat mengamati Dia dan belajar sikap-Nya terhadap kebenaran mereka. Roh Allahakan meneruskan pelayanan Tuhan Yesus melalui murid-murid meskipun mereka tidak melihat Dia lagi

Ayat 11. Roh Allah menginsafkan dunia mengenai penghakiman yang mereka jalankan , terutama bahwa mereka menghakimi Dia sebagai yang layak disalibkan. Pada saat Tuhan Yesus menang dalam kebangkitan, Iblis dihukum, dan Roh Allah dapat menginsafkan dunia akan penghakiman mereka. Sumber penghakiman yang salah akan dikalahkan di kubur Tuhan Yesus.

Ayat 12. Agama Kristen tidak merahasiakan ajaran, tetapi ada ajaran yang tidak dapat dipahami oleh orang orang tertentu. Ajaran tertentu hanya dapat dipahami oleh  yang taat dan memiliki suatu tingkat kedewasaan rohani.

Ayat 13. Orang percaya yang tidak taat, yang tidak tinggal di dalam Tuhan Yesus, yang tidak tetap dalam firman-Nya, tidak mampu menerima seluruh kebenaran. Dosa menghalangi pemahaman rohani. Pertolongan Roh Kebenaran kita dapat mengasihi dan mentaati Tuhan Yesus, sehingga dapat seluruh kebenaran.

Ayat 14-15. Roh Kebenaran tidak mempermuliakan diri-Nya. Fokus pelayanan Roh Allah ada pada Yesus, yang menyatakan dan mempermuliakan Allah Bapa. Tuhan Yesus tidak menghina Bapa-Nya dan tidak mengesampingkan Allah Bapa. Jika Roh Allah memberitakan tentang Tuhan Yesus, dan jika Tuhan Yesus menyatakan Allah Bapa, maka Roh Allah memberitakan mengenai ALLAH BAPA

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: