Yohanes 15:1-8

Catatan Injil Yohanes 15:1-8 oleh Lembaga AlkitabIndonesiadiberi judul “Pokok Anggur yang benar”

Ayat 1. Tuhan Yesus menjadi pokok anggur yang benar. Dalam pengertian Yahudi sebelumnya Israel dikiaskan sebagai pokok anggur yang tidak berbuah baik kerena  Israel tidak menjaga sikap hati sehingga gagal dan mendapat ancaman hukuman.

Ayat 2. Dalam pokok anggur terdapat dua macam ranting yaitu yang berbuah dan yang tidak berbuah. Ranting di dalam-Ku adalah orang yang di dalam Yesus yang disimpulkan menerima Yesus dan diam di dalam Yesus. Ranting tentu saja sudah percaya, sudah selamat dan sudah lahir baru namun ada yang berbuah yang dijelaskan ayat 3-5 dan yang tidak berbuah ayat 6.

Ayat 3-5. Ranting yang berbuah adalah ranting yang telah membersihkan karena ajaran-ajaran Kristus, tetapi harus tetapmaju dalam pertumbuhan rohani, kemajuan hanya ada dalam persekutuan yang erat dengan Dia. Tinggal di dalam Tuhan Yesus senantiasa sebab ke luar dari pokok Anggur Yang benar tidak akan berbuah. Tanpa persekutuan yang hidup dan aktif, kita tidak dapat berhasil sebagai murid Yesus.

Ayat 6. Ranting yang diluar pokok anggur di buang ke luar dan dicampaka ke dalam api tetapi ada juga ranting yang diambil dari pokok anggur karena tidak berbuah (ayat 2) Kiasan api dapat dipakai untuk menceritakan api neraka maupun disiplin Tuhan (

Ayat 7-8. Ketaat mendatangkan berkat. Yesus berjanji untuk mengabulkan doa seseorang yang tinggal di dalam Dia. Doa dikabulkan maka akan berbuah banyak sebab nama Bapa dipermuliakan.

Categories: Injil Yohanes | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: