Yohanes 1:35-51

Catatan Injil Yohanes 1:35-51 oleh Lembaga Alkitab Indonesia berjudul “Murid-murid Yesus yang pertama”

Ayat 35-37. Yohanes Pembaptis ditemani dengan kedua muridnya. Dalam pasal 40 dijelasan salah satu murid adalan Andreas sedangkan teman Andreas tidak dicatat namanya. Yohanes Pembaptis ketika melihat Yesus lewat berkata:”Lihatlah Anak Domba Allah!” Yohanes memperkenalkan murid-muridnya seorang figur bernama Yesus. Murid-murid Yohanes setelah dikenalkan Figur bernama Yesus oleh Yohanes Pembaptis yang adalah gurunya pergi mengikuti Yesus.

Ayat 38. Kedua murid Yohanes menahan diri dan secara tidak langsung minta izin untuk mengikuti Yesus menjadi pengikut-Nya. Mereka mengharapkan ajakan mengikuti Dia dengan langkah menanyakan tempat tinggal Yesus.

Ayat 39. Yesus yang disapa sebagai “Rabi” memenuhi harapan Andreas dan temannya untuk datang dan melihat, dan hari itu mereka boleh tingal bersama-sama dengan Dia. “Datanglah dan lihatlah” adalah jawaban seorang rabi kepada calon murid. Yesus tidak berkeberatan dipanggil “Rabi”. Ayat 40 menjelaskan nama seorang murid tersebut adalah Andreas.

Ayat 41. Andreas mengunakan hubungan pribadi sebagai saluran efektif  untuk memperkenalkan Kristus. Kesaksian Yohanes Pembaptis yang mengesankan Andreas sehingga Andreas memperkenalkan Yesus sebagai Mesias kepada Simon saudaranya.

Ayat 42. Simon dibawa kepada Yesus oleh Andreas, Saat Yesus memandang Simon maka Ia merencanakan menjadikan Simon kuat dan tahan uji seperti sebuah batu.

Ayat 43-49. Filipus adalah murid yang dipanggil oleh Yesus.  Filipus yang dipanggil oleh Yesus tidaklah menonjol dan Yesus mampu memanggil dan memakai orang yang biasa saja dan tidak istimewa seperti Petrus. Filipus berasal dari Betsaida tetapi alami panggilan Yesus di Kapernaum. Filipus berjumpa dengan Natanael menceritakan Yesus. Natanael dalam Yoh 21:2 adalah orang Kana sehingga kota Nazaret mendapat perhatian khusus akibat berdekatannya kota Kana dan Nazaret yang menimbulkan dugaan yang dikaitkan dengan penilaian secara stereotif terhadap orang Nazaret. Natanael memberi respon terhadap ajakan Filipus untuk datang dan lihat. Natanael rela datang dan melihat sekalipun adanya sesuatu prasangka yang dikaitkan dengan kota Nazaret. Yesus memberi penilaian terhadap Natanael. Natanael mewakili orang Israel yang rela memcari kebenaran. Yesus memperhatikan Natanael sebelum Filipus memanggilnya. Yesus mengenal Natanael  serta apa yang terjadi di bawah pohon ara tidak ditulis dalam Injil Yohanes sehingga kita harus mencari tahu siapa Yesus dan apa yang diperbuat dan dipikirkan bukan fokus kepada Natanael yang bersedia datang dan melihat Yesus.

Ayat 49-51. Natanael yang menghina kota Nazaret mengucapkan pengakuan iman bahwa Yesus adalah Rabi, Anak Allah dan Raja orang Israel. Natanael mengatakan Anak Allah dan Raja orang Israel dalam keadaan sejajar. Apakah mungkin pendapat Natanael berlandaskan tafsirannya terhadap Mzm 2:6; 7-9? Yesus menyambut pernyataan Natanael dengan pertanyaan retoris dan menyatakan bahwa Natanael akan melihat hal-hal yanglebih besar dan akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia. Natanael menyebut Yesus sebagai Anak Allah sebab Dia adalah Firman sedangkan Yesus menamai diri-Nya Anak Manusia karena Ia telah mengolongkan Diri-Nya sama seperti manusia.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: