Yohanes 1:29-34

Catatan Injil Yohanes 1:29-34 oleh Lembaga Alkitab Indonesia berjudul “Yohanes menunjuk kepada Yesus”

Ayat 29.  Dalam ayat digunakan αιρων yang diterjemahkan menghapus. Yesus sebagai Anak Domba Allah, Dia “menghapus” dosa dunia dengan mengangkat, membawa pergi dosa di salib.  Dia menghapus dosa itu dengan memikul dosa itu di kayu salib

Ayat 30. “Dia telah ada sebelum Aku” adalah pengulangan Yoh 1:1-3,10,15 dan kemudian dikutip kembali di Yoh 8:58; 17:5. Yohanes Pembaptis tidak menuntut hormat karena dia muncul sebelum Yesus Kristus dan melakukan baptisan.

Ayat 31-34. Yohanes mengakui keterbatasan mengenal Yesus bahwa mula-mula tidak mengenal Yesus. Pelayanan baptisan Yohanes supaya Ia dinyatakan kepada Israel. Yohanes melihat Roh turun dari langit seperti merpati , dan Ia tinggal di atas-Nya. Melalui penglihatan burung merpati tersebut maka Yohanaes mengenal Mesias. Yohanes sangat mungki menegenal keponakannya tetapi tidak menduga bahwa Yesus adalah Mesias sampai saat Roh Allah turun ke atas Yesus. Yohanes percaya kepada apa yang dilihatnya oleh pertolongan Roh Allah dan menyatakan benar bahwa Yesus adalah Anak Allah.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: