Yohanes 12:1-8 Yesus Diurapi di Betania

Catatan Injil Yohanes 12:1-8 oleh Lembaga Alkitab Indonesia diberi tema “Yesus diurapi di Betania”

Ayat 1. Yesus kembali ke tempat kebangkitan Lazarus, suatu tempat yang kurang aman. Pemakaian istilah Paskah mengigat tak lama lagi, Dia yang membangkitkan Lazarus akan dikorbankan.

Ayat 2.  Yesus menghadiri perjamuan di dekat Yerusalem. Dia tidak takut bahaya. Menurut Markus 14:3 perjamuan terjadi di rumah Simon si kusta. Marta melayani, Lazarus dan Maria juga hadir. Secara harfiah ungkapan makan dengan Yesus adalah berbaring dengan Dia. Apakah Simon si kusta adalah orang tua dari Lazarus, Marta dan Maria? Ataukah Simon si kusta adalah tetangga Lazarus, Marta, Maria di Betania?

Ayat 3. Mereka berbaring sesuai dengan kebiasaan sehingga kaki mereka mudah didekati oleh orang. Maria memiyaki kaki Yesus, sesuai dengan sikap yang terlihat di dalam Lukas 10. Maria tidak memikirkan harga minyak dan kesan seorang perempuan yang membiarkan rambutnya turun untuk menyeka kaki Yesus.

Ayat 4. Penulis Injil Yohanes menjelaskan secara terang-terang bahwa Yudas Iskariot akan menyerahkan Yesus menyaksikan perbuatan Maria terhadap Yesus.

Ayat 5. Minyak Narwastu yang dibawa Maria ditaksir oleh Yudas sekitar 300 dinar. Bila satu dinar adalah upah harian yang berlaku waktu itu maka 300 dinar adalah upah buruh selama setahun. Dari manakah Minyak Narwastu itu? Apakah hasil kerja keras? Apakah adalah warisan untuk Maria? Ataukah memang Lazarus dan keluarganya orang kaya? Apakah Yudas lebih menekankan pelayanan sosial dibandingkan pelayanan penyembahan? Apakah wujud keprihatinan terhadap orang miskin adalah suatu bentuk memuliakan Tuhan melalui harta ataukah sikap keprihatinan terhadap orang miskin adalah topeng untuk memperkaya diri sendiri?

Ayat 6. Penulis Injil Yohanes menjuluki Yudas Iskariot sebagai pencuri karena sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya. Yudas tidak membongkar rumah, dia membongkar kepercayaan orang. Apakah Yudas Iskariot tidak puas dengan keuangan ataukah tamak? Mengapa Yudas Iskariot menanyakan jumlah pembayaran jika ia mengkhianati Yesus?(Mat 26:15) Apakah uang adalah tujuan dalam iring Yesus?

Ayat 7.  Dalam diri Yesus terbayang kematian-Nya sedangkan dalam budaya Yahudi pengurapan dengan minyak Yahudin terkait dengan keramaian dan nikmat dan menyenangkan. Yesus memihak Maria, menolak keberatan Yudas. Pemakaian minyak mahal yang disimpan oleh Maria sampai saat yang tepat.

Ayat 8. Mereka tidak mengerti bahwa ada urusan yang lebih penting dan mendadak, yaitu kematian-Nya.

 

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: