Yohanes 11:45-57 Persepakatan Untuk Membunuh Yesus

Catatan Injil Yohanes 11:45-57 oleh Lembaga Alkitab Indonesia diberi tema “Persepakatan untuk membunuh Yesus”

Ayat 45. Menjadi percaya karena adanya tanda adalah sesuatu yang wajar terjadi.

Ayat 46. Siapakah yang tidak suka terjadinya mukjizat kebangkitan Lazarus? Apakah mereka terbiasa menjadi penghubung yang melaporan gerak-gerik Yesus karena kesepakatan dengan pemuka-pemuka Yahudi? Mengapa mereka menghubungi orang-orang Farisi bukannya imam-iman kepala? Apakah imam-imam kepala sulit dihubungi sehingga jalan praktis melalui orang-orang Farisi yang memiliki akses komunikasi dengan imam-imam kepala?

Ayat 47. Musa yang membuat banyak mukjizat dan Firaun semakin melawan sampai akhirnya takluk tak berdaya, demikian juga Yesus lakukan mukjizat sehingga orang yang menetang Yesus bersatu. Mahkamah Agama di dominasi oleh imam-imam kepala sedangkan orang-orang Farisi minoritas dan dalam Mahkamah Agama Yahudi terbiasa dengan konflik kelompok antara Farisi dengan Imam Kepala namun menghadapi Yesus mereka bersatu.

Ayat 48. Isu bahwa Yesus Mesias dalam sesuatu yang beredar dimasyarakat. Mesias dalam pengajaran oleh anggota Mahkamah Agama identik dengan pembebaskan bangsa Israel dari Roma dan melihat Yesus makin populer. Mereka memiliki dua sisi yang menakutkan. Sisi satu takut kehilangan popularitas di kalangan masyarakat Yahudi sedang disisi lain takut bangsa Roma melakukan tindakan bengis untuk menumpas usaha-usaha memisahkan diri dari Roma sehingga cita cita merdeka secara politik sesuatu yang diingini tetapi juga dihindari. Bukankah saat ini Mahkamah Agama menikmati fasilitas yang disediakan oleh Roma sehingga bila terjadi kekacauan politik maka akan terjadi pergeseran-pergeseran kekuasaan termasuk mutasi, pergantian jabatan dan hal lain-lain yang dapat dilakukan oleh Roma.

Ayat 49-50. Kayafas yang diangkat oleh Roma lewat intervensi ke tubuh Mahkamah Agama, maka keputusan yang dilakukan selalu pertimbangan reaksi yang akan muncul dari pimpinan Roma terhadap keputusan yang diambil. Kayafas meminta mempertimbangkan dengan serius untuk membunuh Yesus. Dia tidak memikirkan Yesus sebagai Juru Selama di kayu salib tetapi memikirkan Yesus mati sebagai pemberontak. Kayafas tidak memikirkan kebinasaan di neraka tetapi memikirkan kebinasaan di tangan tentara Roma.

Ayat 51. Walaupun Kayafas mengemukakan perdapatnya, perkataannya juga berasal dari Allah. Kayafas dan Allah tidak mempunyai maksud yang sama, tetapi dalam ucapan itu kata-kata mereka sama. Apakah Allah memakai orang jahat untuk melakukan kehendak-Nya ataukah kehendak orang jahat dapat terlaksana bila Allah mengijinkan dan Allah setuju dengan Kayafas dan mengunakan untuk sesuatu yang sama tetapi berbeda dari tujuan orang jahat?

Ayat 52. Keselamatan yang Dia sediakan melalui kematian-Nya tidak terbatas pada bangsa Yahudi tetapi disediakan bagi seluruh bangsa. Dia akan mengumpulkan dan mempersatukan mereka pada akhir zaman, tetapi pada saat ini mereka telah dikumpulkan dan dipersatukan dalam Tubuh Kristus menurut Efesus 2:11-22; 3:6; 4:3-6.

Ayat 53. Mereka dalam Mahkamah Agama setuju dengan usulan ketua. Sejak itu usaha untuk membunuh diatur dan direncanakan dengan sengaja. Situasi berubah cepat sehingga ada percepatan untuk membunuh Yesus setelah Lazarus dibangkitkan.

Ayat 54. Yesus pindah ke Efraim dan melayani di sana. Yesus tidak takut dengan kesepakatan Mahkamah Agama tetapi Ia mengenal kebutuhan Efraim dan Yesus pergi melayani disana.

Ayat 55. Menurut Bilangan 9:6-12 orang yang dinajiskan harus ditahirkan supaya layak mengikuti upacara Paskah. Upacara pentahiran membutuhkan waktu satu minggu sehingga mereka lebih awal untuk menyucikan diri sebelum Paskah.

Ayat 56. Mereka yang mengetahui Yesus akan dibunuh sulit memastikan apakah Yesus berani datang ke Yerusalem. Apakah mungkin akibat kepindahan ke Efraim menandakan Yesus tak berani ke Yerusalem di hari Paskah?

Ayat 57. Perintah untuk melaksanakan keputusan Mahkamah Agama disebar sekalipun tidak resmi bentuk  lisan.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: