Yohanes 10:22-39 Yesus Ditolak Oleh Orang Yahudi

Catatan Injil Yohanes 10:22-39 oleh Lembaga Alkitab Indonesia diberi tema “Yesus ditolak oleh orang Yahudi”

Ayat 22. Hari raya Penahbisan Bait Allah dilakukan dengan latar belakang seperti diceritakan dalam kitab 1 Makabe 4:36-59; 2 Makabe 1:0,18; 10:1-8. Pasal 7 terjadi pada hari raya Pondok Daun sedangkan kisah ini di hari raya Penahbisan Bait Allah yang diduga jatuh di bulan Desember.

Ayat 23. Berjalan di serambi Salomo adalah hal biasa yang dilalui orang. Serambi Salomo memiliki atap sehingga nyaman untuk berjalan-jalan disitu.

Ayat 24. Yesus mengakui diri-Nya Mesias di Samaria sebab pengerian orang Samaria, Mesias adalah nabi utama yang kemudia bertumbuh mengenal Mesias sebagai juru selamat. Yesus tidak menjawab orang di Yerusalem saat ditanya apakah diri-Nya Mesias. Mesias dalam pengertian orang Yerusalem adalah raja yang membebaskan Israel dari orang Roma sehingga memiliki konotasi militer.

Ayat 25. Yesus menyatakan diri-Nya telah lakukan mukjizat sebagai pekerjaan yang dilakukan dalam nama Bapa. Yesus tidak angkat senjata melawan Roma, tetapi melakukan mukjizat-mukjizat termasuk menyembuhkan orang asing termasuk kalangan keluarga prajurit Roma.

Ayat 26. Adanya perbedaan antara apa yang Mesias lakukan menurut ajaran orang Yahudi dengan menurut Yesus. Mereka yang tidak menurut tentu tidak percaya Yesus adalah Mesias. Kelompok orang yang tidak percaya tidak termasuk domba-domba-Ku.

Ayat 27. Yesus mengenal domba-domba adalah syarat yang memungkinkan domba-domba menaati Dia.

Ayat 28. Para domba-Nya mempunyai hidup yang kekal, mengaskan ulang Yoh 3:16. Seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Nya berarti domba-domba-Nya aman, bukan karena mereka memegang dengan kuat, tetapi karena mereka dipegang dengan kuat. Tidak ada pencuri, serigala, beruang, singa yang mampu merebut mereka dari tangan Tuhan Yesus.

Ayat 29. Hubungan kerja antara Bapa dan Anak, suatu hubungan yang diuraikan dalam pasal 6:37-40.

Ayat 30. Bapa dan Anak memiliki satu kesatuan seperti dalam tujuan dan pekerjaan yang merupakan sesuatu yang unik. Kesatuan juga meliputi kesatuan dalam hakikat.

Ayat 31. Berdasarkan Imamat 24:16, siapa yang menghujat Allah dihukum mati dengan dilempari dengan batu sedangkan hukum Roma tidak mengizinkan pemimpin agama Yahudi menjalankan hukuman mati. Yesus yang mengatakan Aku dan Bapa adalah satu dianggap mengujat Allah.

Ayat 32. Dalam pasal 8:59 Yesus menghilang, tetapi dalam peristiwa ini Dia menantang supaya memikirkan lagi. Tantangan yang Dia lemparkan kepada mereka terkait dengan pekerjaan-Nya. Tanda-tanda yang Dia perlihatkan adalah baik dan berasal dari Bapa-Nya. Apakah mungkin mukjizat dilakukan oleh orang yang menghujat Allah?

Ayat 33. Yesus hendak dibunuh bukan karena perbuatan yang baik tetapi karena Dia yang adalah manusia, menjadikan diri-Nya Allah sebagai dasar berpikir pemuka-pemuka agama Yahudi. Pemikiran yang diutara pemimpin-pemimpin Yahudi keliru sebab yang benar adalah Dia, yang adalah Allah menjadikan diri-Nya manusia.

Ayat 34.Yesus mengarahkan pemimpin-pemimpin Yahudi kepada Mazmur 81 & Ul 1:17. Mereka diberi hak mengadili yang seharusnya pekerjaan Allah. Dalam menilai kepekerjaan Yesus mereka melakukan yang bersifat ilahi. Walaupun diberikan jabatan mulia, mereka tidak adil. Sekalipun kedudukan mulia, mereka tetap manusia biasa dan harus dihukum bila bersalah.

Ayat 35-36. Jika hakim-hakim yang tidak adil disebut allah, jelaslah Dia yang mengadakan mukjizat-mukjizat yang baik boleh disebut Anak Allah. Yesus membawa mereka bahwa logika yang digunakan mereka adalah lemah.

Ayat 37. Yesus mau mereka memikirkan bukti-bukti yang ada yaitu pekerjaan-pekerjaan yang Yesus lakukan.

Ayat 38.  Yesus memberikan jalan tengah antara percaya kepada Dia atau menolak Dia. Jalan tengah yang disodorkan adalah percayalah akan pekerjaan-pekerjaan-Nya hingga Lazarus suatu saat mati dan dihidupkan kembali.

Ayat 39. Mereka yang menolak Dia berusaha menangkap tetapi karena waktunya belum tiba maka Yesus tidak dapat ditangkap.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: