Yohanes 8:37-47 Keturunan Abraham Yang Tidak Berasal Dari Allah

Catatan Injil Yohanes 8:37-47 oleh Lembaga Alkitab Indonesia berjudul “Keturunan Abraham yang tidak berasal dari Allah”

Ayat 37. Yesus mengakui mereka adalah keturunan Abraham secara jasmani. Sikap mereka yang hendak membunuh Dia, menyatakan bahwa mereka tidak tinggal di dalam firman-Nya. Nikodemus yang adalah keturunan Abraham dan juga pengajar Israel dikatakan Yesus jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Allah. Yang dilahirkan dari daging adalah daging sehinga tanda kelahiran jasmani tidak membawa orang masuk ke dalam keluarga Allah.

Ayat 38. Yesus berkata sesuai yang diperoleh dari Bapa, dan apakah orang orang Yahudi berbuat seperti yang diperbuat Abraham?

Ayat 39.  Yesus mengingatkan bahwa perilaku dan etika seseorang seharusnya sesuai dengan pernyataan mereka tentang identitas bapa mereka.

Ayat 40. Abraham yang peka terhadap kebenaran Allah tetapi mereka selaku keturunan Abraham berusaha membunuh orang yang mengatakan kebenaran Allah.

Ayat 41. Yesus secara tidak langsung berkata bahwa Iblis adalah bapa mreka karena berniat membunuh dan mereka mungkin mendengar kabar angin tentang kelahiran Yesus dan status Maria saat mengandung tapi tidak mengetahui berasal dari Roh Allah. Mereka dilahirkan dari keluarga sah dan menempatkan Allah sebagai Bapa mereka. Iblis dalam teks adalah sesuatu oknum yang jelas bukan sesuatu ide abstrak.

Ayat 42. Sebagai keturunan Abraham, mereka bukan saja tidak mengerjakan yang dikerjakan Abraham juga tidak mengasihi Dia, padahal Dia adalah yang diutus Allah Bapa.

Ayat 43. Ucapan dan ajaran Yesus menbinggungkan mereka yang  menentang perkataan Yesus.

Ayat 44.  Yesus yang mengerti mereka kebinggungan sehingga Ia berkata jelas dan lugas agar dimengerti. Yesus menyatakan bahwa iblis adalah apa mereka yang berniat membunuh dan berdusta.

Ayat 45. Karena iblis menjadi bapanya maka mereka idak percaya kepada Yesus yang mengatakan kebenaran kepada mereka.

Ayat 46. Yesus menuntut mereka untuk membuktikan bahwa Yesus menyampaikan ajaran palsu atau berbuat dosa. Bila tidak dapat membuktikan Yesus berdosa seharusnya mereka percaya bahwa Yesus berasal dari Bapa.

Ayat 47. Karena tidak menemukan jawaban perbuatan dosa yang dilakukan Yesus maka Yesus melanjutkan ucapan-Nya bahwa mereka tidak berasal dari Allah karena tidak mendengarkan firman Allah yang disampaikan Yesus.

Categories: Injil Yohanes | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: