Pengantar Kitab Kejadian

Penulis : Musa

Waktu Penulisan : Antara 1450 dan 1400 SM.

Rentang Waktu : Pasal 1-11 mencatat sejarah awal manusia mulai dari penciptaan sampai menara Babel. PAsal 12-50 mencakup sekitar 300 tahun, berpusat pada kehidupan 4 orang : Abraham, Ishak, Yakub dan Yusuf. Rentang waktu kitab Kejadian lebih panjang daripada rentang waktu gabungan 65 kitab lain di dalam Alkitab.

Judul Kitab : Kata “Kejadian” berarti “awal” atau “asal mula”. Bereshith. kata pertama dalam teks Ibrani, berarti “pada mulanya”.

Latar Belakang : Kejadian merupakan kitab pertama dari lima kitab Musa yang disebut Pentateukh. Sebelas pasal pertama dalam Kitab Kejadian menceritakan sejarah umat manusia yang tinggal di daratan dari Eden sampai Ur, dan 39 pasal selanjutnya mengisagkan umat manusia dari Kanaan sampai Mesir. Kitab pertama ini menjadi dasar bagi semua pewahyuan berikutnya tentang Allah dan rencana-Nya bagi manusia.

Tempat Penulisan : Secara umum diyakini bahwa Musa mendapatkan ewahyuan ini ketika berada di padang gurun Sinai.

Mulanya Ditujukan Kepada : Kejadian ditulis bagi kepentingan bangsa Israel, tetapi pesan yang terkandung tidak terbatas waktu … seiring dengan janji Allah yang diberikan kepada para kepala keluarga dan landasan yang ditetapkan bagi pewahyuan kasih Allah dan penebusan umat manusia melalui Yesus Kristus.

Isi : Allah mengucapkan Firman-Nya untuk membuat semua ciptaan-Nya menjadi ada. Ciptaan itu benar-benar sempurna sampai manusia melakukan dosa dengan mendengarkan setan, dan tidak mempercayai Allah serta menaati rencana-Nya. Dosa Adam dan Hawa ini mengakibatkan kematian rohani yang pada akhirnya memenuhi dunia dengan kebencian, kekerasan, dan ketidaktaatan. Akhirnya, dosa menang sampai Allah mengunakan air bah untuk menghancurkan manusia, kecuali Nuh, seorang yang benar, beserta keluarganya. Bahkan setelah itu, dosa meluas di seluruh negeri, dan manusiamembangun manara Babel yang sangat megah di dalam pemberontakkan mereka terhadap Allah. Namun, Allah tidak pernah berhenti mengasihi manusia. 39 pasal terakhir di Kitab Kejadian ini mengungkapkan bagaimana Allah — melalui keluarga Abraham — memulai sejarah untuk meletakkan landasan paling awal dalam rencana-Nya untuk menyelamatkan manusia dan memperbaiki persekutuan mereka dengan diri-Nya. Kitab ini ditutup dengan keadaan umat pilihan Allah di tanah Mesir.

Kata Kunci : “Pada mulanya”; “Manusia”; “perjanjian”. Kejadian merupakan peristiwa “awal” terjadinya langit dan bumi, kehidupan tumbuh-tumbuhan dan binatang, “pria” dan wanita, dosa dan penebusan Allah. Rencana keselamatan Allah yang kekal bagi umat manusia dinyatakan melalui “perjanjian” yang Ia buat dengan Abraham.

Tema :

Allah menciptakan manusia dalam gambaran dan teladan-Nya untuk bersekutu dengan Dia.
Manusia diciptakan dengan tubuh, jiwa dan roh, dan kehendak bebas untuk mengambil keputusan berpihak atau melawan Allah.
Walaupun kita berdosa, Allah tidak akan menyerah atau meninggalkan kita.
Tidak peduli betapa pun kita pernah gagal, Allah tetap mengasihi kita dan memandang betapa berharganya diri kita.
Tuhan memiliki sebuah rencana bagi setiap kehidupan… dan itu termasuk keselamatan dan ketaatan mutlak pada Firman-Nya.
Allah mempunyai kasih dan kuasa untuk melindungi dan menyediakan bagi kita ketika kita menaruh iman kita di dalam Dia.
Garis Besar:

Kisah Penciptaan. 1:1-2:25.
Permulaan dosa dan kematian. 3:1-6:8.
Kisah Nuh. 6:9- 10:32.
Menara Babel. 11:1 – 11:9.
Kehidupan Abraham. 11:10-25:18.
Kehidupan Ishak. 25:19-26:35.
Kehidupan Yakub. 27:1-36:43.
Kehidupan Yusuf. 37:1-50:26.

Categories: Kejadian | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: